Journal, Stories, Travel Photos, & VR360°

Berkarya Dalam Gelap #GalaxyS7Edge #NightInMotion #NextLevelS7

Photo taken Using Samsung Galaxy S7 Edge at Gatot Subroto street Jakarta #NightInMotion #GalaxyS7Edge #NextLevelS7

Photo taken Using Samsung Galaxy S7 Edge at Gatot Subroto street Jakarta. Photo by Danar Tri Atmojo #NightInMotion #GalaxyS7Edge #NextLevelS7

Awal Desember 2016 lalu, gw beruntung berkesempatan untuk bekerja sama dengan salah satu brand elektronik ternama Samsung Indonesia. Gw diajak untuk motret malam (night photo) pakai Samsung Galaxy S7. Sebelum ini, gw pernah nyoba motret pakai Samsung Galaxy S7 punya partner gw Nyimas, dan memang hasilnya tajam banget di siang hari, wide angle pula, dan yang bikin kaget ada fitur Pro Mode di kameranya yang memungkinkan kita mengatur kamera sesuai keinginan kita.

“Tapi itu siang yang notabene cahayanya banyak”, yes! Galaxy S7 ga diragukan di siang hari; yang jadi challenge gw kali ini adalah motret malam pakai Galaxy S7 dengan semua fitur yang ada di kameranya. Gw ga akan bahas soal fitur-fitur apa aja yang ada di kameranya, yang gw bahas adalah yang sering gw pakai untuk motret malam, yaitu Pro Mode. Pro Mode, mengizinkan kita sebagai user untuk mengatur kamera secara sendiri seperti ISO, Shutter Speed, White Balance, Focusing, bahkan Metering.

Motret malam identik dengan light trail, city lights, atau bagaimana kamera mengkonsumsi sedikit atau banyaknya cahaya yang masuk sehingga bisa menciptakan efek foto yang bagus; disamping itu, challenge lainnya adalah kita harus membuat kamera kita steady jadi bisa mengurangi efek blurry pada hasil foto.  Selain itu gw selalu pakai tripod untuk motret malam pakai Galaxy S7, apalagi kalau mau bikin efek light trail, steady is a must. Foto dibawah, adalah foto malam pertama gw yang di ambil menggunakan Samsung Galaxy S7 Edge.

Camera Data photo below
Camera : Samsung Galaxy S7 with PRO MODE [tripod]
F-stop : f/1.7
Exposure time : 8sec
ISO : ISO 50
White Balance : AUTO
Picture Style : Standard
Metering modes : Matrix
Edited on : Adobe Photoshop Lightroom

Photo taken Using Samsung Galaxy S7 Edge at Kampung Melayu Jakarta. Photo by Danar Tri Atmojo #NightInMotion #GalaxyS7Edge #NextLevelS7

Photo taken Using Samsung Galaxy S7 Edge at Kampung Melayu Jakarta. Photo by Danar Tri Atmojo #NightInMotion #GalaxyS7Edge #NextLevelS7

“Intinya gimana sih membuat efek light trail?” mungkin kalian udah pada tau gimana ya kan, ini bukan hal aneh lagi, apalagi menyangkut The Exposure Triangle. Light trail tercipta karena ada cahaya yang jalan ketika kamera sedang merekam cahaya yang masuk ke dalam sensor, dalam hal ini adalah cahaya mobil yang lewat. Semakin lama cahaya diizinkan masuk kedalam sensor (shutter speed), semakin panjang dan terang efek light trailnya. Dan harus di perhatikan juga seberapa sensitifnya sensor menerima cahaya (ISO) semakin sensitif, semakin terang hasil foto (over exposure).

Gw amazed juga sama hasil Samsung Galaxy S7 buat motret malem, dari hasil foto gw diatas itu gw kagum sama kamera menangani noise yang biasa timbul dalam motret malam. Sedikit noise lebih baik, disamping itu ketajaman foto juga ga hilang.

My big thanks for Samsung Indonesia for this experience using Samsung Galaxy S7.

Salam

Leave your Thought..

