Journal, Stories, Travel Photos, & VR360°

Cerita di balik kata “nnkq”

Danar Tri Atmojo foto diatas Vespa 1977 di salah satu jalan Raya Sarangan - Tawangmangu saat sedang menuju Pulau Sempu Jawa Timur tahun 2008; Foto diambil oleh Ferdiansyah (Pepeng)

Danar Tri Atmojo foto diatas Vespa 1977 di salah satu jalan Raya Sarangan – Tawangmangu saat sedang menuju Pulau Sempu Jawa Timur tahun 2008; Foto diambil oleh Ferdiansyah (Pepeng)

Gw lahir dari pasangan keturunan orang Solo, Jawa Tengah. Bukan kota Solo tapi tetangga kota Solo, Kabupaten Sukoharjo. Mereka berdua tinggal di satu Kecamatan yang sama; malahan Ibu adalah adik dari teman STM bapak dulu.

Beda dengan bapak dan ibu gw, gw ga lahir di Solo; gw lahir di Jakarta Timur, tinggal dan besar di pinggiran kota Bekasi yang juga berada dipinggir kota Jakarta Timur yang masuk administratif Kota Bekasi. Banyak yang nanya gw masih ada hubungan dengan salah satu anak mantan diktaktor Indonesia, yang dua kata terakhir nama kami sama; dan gw bisa jawab kami tidak mempunyai hubungan kerabat apapun.

Kalian pasti sudah ada yang tau, mungkin juga ada yang ga tau bahasa Jawa dari “laki-laki“, yaitu Lanang. Setiap orang jawa yang sudah menjadi orang tua ataupun sebagai kakek/nenek pasti manggil anak laki-laki nya dengan panggilan lanang, yang kemudian terserap karena penyebutan hanya dengan nang saja. Termasuk gw, gw dari kecil di panggil nang sama bapak-ibu dan mbah kakung-uti di Jawa sana. Panggilan pertama berlaku di dalam rumah, hanya keluarga saja. Kemudian menyebar ke lingkungan rumah, sekolah dan terus berlanjut.

Panggilan nang akhirnya bercabang sampai ke bermacam lingkungan dari rumah sampai kampus. Ada cara gampang untuk membedakan circle teman yang gw punya. Kalau panggil nang brarti teman lama, kalo panggil nama Danar yang which is nama asli gw, pasti teman baru. Atau belum ada teman lama yang ngenalin panggilan nama gw itu ke teman baru. 😀

Long short story, teman sampai ada yang memodifikasi panggilan dari nang, jadi ening, enang, danang, nank, nangkelande, nankqe, dll. Dari situlah kata “nnkq” muncul. nnkq merupakan baris huruf konsonan dari kata “nankqe“. Tau sendiri lah zaman SMA, kuliah kalo bikin akun socmed atau apapun dulu ga mau nama asli wkwkwkwk, yang berujung dengan penyesalan kenapa ga pake nama asli dan lengkap dari dulu hahahahah

PS: Udah tau nama asli gw kan?

Advertisements

6 responses

  1. eh nang, salam kenal!
    akhirnya tau cerita dibalik nnkq, terjawab setelah berapa tahun yg lalu nanya :))

    April 6, 2016 at 15:14

    • Niken apakabar? How’s life? Msh nyebur?

      April 7, 2016 at 09:52

      • Masih mas nang di kolam deket rumah cm 2m hehe, weekend ini ke pulau papatheo, castaway hehehe ikut yuk

        April 10, 2016 at 22:06

      • Ga bisa ken. Rabu mau ke NTB. Salam untuk teman2..

        April 10, 2016 at 22:15

  2. Baca sampai selesai biar tahu nickname Mirc mas Danar 😛

    April 6, 2016 at 16:07

Leave your Thought..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s