Journal, Stories, Travel Photos, & VR360°

The Winner – Turnamen Foto Perjalanan Ronde 17: Ocean Creatures

Dari sekian banyak foto yang masuk pada ronde 17 didominasi oleh beberapa foto yang memang mudah kita jumpai dalam artian tidak membutuhkan effort yang lebih, dan memang mudah ditemukan. Karena saya akui tidak semua teman-teman pernah melakukan kegiatan penyelaman. Dan ada juga foto yang memiliki momen-momen yang sulit dijumpai. Dari situ sistem penjurian yang saya lihat pertama adalah bagaimana memilih foto yang berbeda, foto yang prosesnya membutuhkan ketelitian dan ketajaman mata dalam melihat objek.

Ada dua foto yang mengagetkan saya ketika notifikasi comment saya baca. Pertama milik mas Rizal Christian, dua ekor Soldierfish yang sedang berdiam diantara celah karang direkam dengan teknik makro, nyaris seperti cermin diantara kedua objek ikan.

Kemudian yang kedua adalah milik mas Regy Kurniawan. Blue Ringed Octopus atau Gurita Totol Biru atau Hapalochlaena lunulata. Adalah salah satu dari beberapa biota laut yang beracun walaupun ukuran yang tidak sebesar predator lainnya ataupun tidak sebesar keluarganya yaitu Octopoda. Komposisi warna yang dapat berkamuflase dengan lingkungan sekitar membuat hewan ini mimpi buruk untuk kepiting kecil, udang, dan juga manusia bila dia terganggu.

Terkadang manusia mengabaikan keberadaan hewan-hewan kecil yang sulit terlihat mata, kurangnya knowledge juga menjadi faktor pendukung cepatnya kerusakan biota laut. Dari foto tersebut kita jadi belajar bahwa ada yang hidup di laut dari seukuran bus kota sampai kurang dari 1cm. FYI, soft coral hanya tumbuh 1cm pertahun. Bayangkan butuh berapa lama untuk bisa tumbuh besar jika hanya dalam 1 menit bisa kita hancurkan. Maka saya nobatkan foto “Blue Ringed Octopus” karya mas Regy Kurniawan sebagai pemenang Turnamen Foto Perjalanan Ronde 17 : Ocean Creatures”, Selamat!

Dan terima kasih untuk teman-teman yang sudah ikutan dalam Turnamen Foto Perjalanan Ronde 17 ini, sudah visit, mau ikutan tapi belum punya foto sesuai tema. Mungkin di ronde berikutnya kalian yang jadi hostnya..

Blue Ringed Octopus

Laut berisi aneka ragam makhluk, dari kecil hingga raksasa, dari makhluk langka hingga makhluk gaib. Blue ringed octopus ini salah satunya. Ukurannya kecil, hampir sebesar bola pingpong. Jalannya juga selow walopun kakinya ada banyak. Tapi bisanya? Nomor 3 paling berbahaya di dunia. Hewan langka ini hidup di sepanjang garis pantai Asia Tenggara hingga Australia, dan hidup di daerah berpasir. Tidak seterkenal hiu yang ngetop di twitter, Blue Ringed Octopus hanyalah salah satu bagian kecil dari keseluruhan ekosistem laut dan kurang ngetop. Tapi keberadaannya tentu sangat penting, apa sih ciptaan Tuhan yang gak penting? Hehehe…

Save Corals

Save Corals

70% of the earth is covered by water. Non diver? Hope you enjoy your 30%

Advertisements

5 responses

  1. Congrats buat bang Regy… 🙂

    March 27, 2013 at 18:50

  2. wah selamat ya…ingin jga ikutan kontes foto yang ad temanya seperti yang sudah dilaksanakan…smga untk selnjutnya saya bisa ikutan…slam kenl gan.!

    April 5, 2013 at 09:22

    • Langsung aja visit blog pemenang ronde 17 bang. Sudah dimulai tuh ronde 18 nya

      April 5, 2013 at 10:29

  3. ikut turnamen foto perjalanan memang menyenangkan, saya baru ikut dua kali yang ronde pasangan dan terakhir ini tentang moment… salam kenal mas….

    April 22, 2013 at 12:38

Leave your Thought..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s