Journal, Stories, Travel Photos, & VR360°

The End meet The Beginning : Taman Nasional Baluran – Africa Van Java

Tak melulu harus ke Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan, atau Taman Nasional Nairobi di Kenya untuk menikmati savana gersang, panas, dan fauna liar lalu lalang di sekitarnya. Indonesia pun punya lanskap dengan keadaan seperti itu. Africa Van Java predikat yang disematkan untuk Taman Nasional Baluran di Situbondo Jawa Timur. Walaupun fauna yang ada tidak seperti taman nasional di Afrika pada umumnya yang menunjukkan rantai makanan dari yang paling rendah hingga puncak, TN Baluran menjadi surga dan rumah bagi banyak burung, Banteng, Rusa, dan kera seperti yang saya baca dari blog seorang aktivis birdie yang juga seorang aktivis TN Baluran mas Swiss Winasis (http://pratapapa81.wordpress.com). Beliau juga sukses mengkatalogkan burung burung yang ada di TN Baluran dan mempublikasikan dalam sebuah buku. Selamat mas Wis!

Saya sukses menikmati dua atmosfir saat mengunjungi TN Baluran. Saat pertama tiba kami memang terlalu malam sampai disana tetapi menjadi keuntungan sendiri karena kami bisa menikmati Safari Night TN Baluran dari pintu masuk sampai lokasi penginapan disekitar Pantai Bama. Ditemani dua petugas TN Baluran di perjalanan kami disuguhi pemandangan yang memang saya sendiri belum pernah merasakan. Dikelilingi hutan tropis kering dikanan kiri dan fauna dari burung, ular, landak, burung merak, kera yang memang lalu lalang disekitar perjalanan. Karena faktor itu pula kami meminta petugas TN Baluran yang sudah paham dengan keadaan sekitar untuk menemani karena kami pun tidak ingin mengganggu habitat mereka.

Kalau safari malam sudah kami cicipi, siangnya kami eksplore kembali TN Baluran. Keluar sedikit dari lokasi pantai Bama kami disambut kera hitam (seperti lutung saya tidak tau jenisnya :D) bergerombol dan sedikit takut dengan kehadiran dan suara mobil kami. Savana Bekol yang terkenal dari TN Baluran dengan background Gunung Baluran serta langit biru bergradasi dengan hijau hutan Baluran senyum kepada kami. Aahh ini indah… untuk melihat keseluruhan landskap TN Baluran lebih enak dilihat dari tower yang berada dekat kantor informasi sekitar savana Bekol. Dari atas kami bisa melihat keseluruhan Baluran dari sebelah timur yang dibatasi laut dan barat dengan Gunung Baluran nya. Dari atas pun kami bisa melihat schooling Rusa yang sedang berkubang dan juga banteng yang menjadi lambang TN Baluran.

Taman Nasional Baluran sukses membuat saya sejenak berimaji liarnya alam di Afrika.
Next time, bawah air TN Baluran harus saya cicipi..

to be continued..

Salam
Look Love Learn Indonesia
All Photo by Danar Tri Atmojo © 2011 All Rights Reserved.
Licenses & Print photo available.
http://nnkq.wordpress.coom / nankqeoldman[at]yahoo[dot]com / nankqeoldman[at]gmail[dot]com
All my images are under © All Rights Reserved and should not be use in any other way.
Please don't use this image on websites, blogs or other media without my explicit permission.
Advertisements

7 responses

  1. been there! asik kl liburan ke tempat sepi begini 😀

    February 25, 2013 at 12:12

  2. deket dari tempat saya, 5 jam an lah nai sepeda motor, tapi malah blom sempat kesana 😐

    March 6, 2013 at 09:07

  3. Baluran ….. hmmmm jadi kangen ama padang savana nya. Keren mas bro foto2 nya 🙂

    March 6, 2013 at 10:18

  4. Kayaknya harus siap-siap lensa panjang sebelum ke sana ya, buat persenjataan berburu hewan-hewan terutama burung yang nongkrong di pohon.

    March 8, 2013 at 20:36

  5. I read this piece of writing completely concerning the difference of latest and preceding technologies, it’s awesome article.

    September 14, 2014 at 15:38

Leave your Thought..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s