Journal, Stories, Travel Photos, & VR360°

Gunung Prau : A Golden Sunrise

Gunung Prau merupakan salah satu dari beberapa gunung yang ada di kawasan dataran tinggi Dieng (Dieng Plateau). Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl tertinggi dari beberapa gunung yang ada dikawasan Dieng yaitu Gunung Pakuwaja (2.395 mdpl) dan Gunung Sikunir atau biasa disebut bukit Sikunir 2.263 mdpl. Masih banyak gunung gunung di Kawasan Dataran Tinggi Dieng seperti yang saya baca di salah satu blog teman saya yang merupakan masyarakat lokal Dieng, hanya saja kurang terekspos dan kurangnya tentang informasi tersebut jadi hanya sebagian masyarakat saja yang mengetahui secara detail mengenai gunung gunung tersebut. Gunung Prau menjadi bagian dari 3 Kabupaten (sesuai dengan beberapa patok/batas daerah sepanjang jalur Gunung Prau dari jalur Kejajar, Dieng Wetan) yaitu Wonosobo, Kendal, & Batang. Dan hanya ada 2 jalur umum yang biasa digunakan oleh pendaki atau wisatawan yang hendak berkunjung kesana yaitu melalui Kejajar (SMP 2) Dieng Wetan, atau dari Patakbanteng.

Gunung Prahu (Perahu [Indonesia], Boat [English]) adalah nama asli dari gunung Prau, mengapa demikian karena menurut masyarakat Dieng gunung tersebut berbentuk seperti perahu terbalik. Mungkin karena penyebutan masyarakat setempat atau masyarakat non Dieng terdengar seperti Prau (kata serapan) yang menjadikan Prau lebih familiar di dengar sebagai nama oleh masyarakat kebanyakan; dan ini hanya pendapat saya saja :).

Wisatawan kebanyakan hanya mengetahui Bukit Sikunir, Gardu Pandangtieng atau Kawasan Candi Pandawa Lima sebagai spot menikmati sunrise di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Di Puncak Gunung Prau juga salah satu tempat yang tidak kalah oke untuk menikmati sunrise. Golden sunrise yang tertoreh pada horizon di ufuk timur, ditambah siluet si-kembar Gunung Sindoro & Gunung Sumbing, serta Gunung Merapi & Gunung Merbabu di kejauhan membuat Gunung Prau sebagai salah satu spot sunrise terbaik di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, atau mungkin di Indonesia 🙂

 

All Photo by Danar Tri Atmojo © 2011 All Rights Reserved.
https://nnkq.wordpress.com / nankqeoldman[at]yahoo[dot]com / nankqeoldman[at]gmail[dot]com
All my images are under © All Rights Reserved and should not be use in any other way.
Please don't use this image on websites, blogs or other media without my explicit permission.
Advertisements

9 responses

  1. NSY

    Halo Mas, salam kenal! Boleh izin pakai fotonya di blog pribadi? Lengkap dengan credit dan link back ke sini tentunya 😉 terima kasih.

    February 1, 2013 at 18:40

    • NSY

      Mas Danar, ini link postingan saya yang menggunakan salah satu foto Mas –> http://goo.gl/kHDAg. Maaf sudah di-post duluan, kalau keberatan akan segera saya take out. Terima kasih yaa. Hehehe. 😀

      February 2, 2013 at 14:26

  2. desi

    Amazing Prau……kpn ke Wsb lagi…kabar2i…

    February 9, 2013 at 06:35

  3. sudah 3 bulan tak ku tengok prau
    rindu sendu menyeruak kalbu

    April 5, 2013 at 17:48

  4. mas, bisa dapet foto dengan langit sejernih itu gimana caranya ya mas?? saya pake lensa 400D, tapi langitnya gak pernah bisa sejernih dan setajam punya mas di foto ini..mohon arahannya, terima kasih..

    May 20, 2013 at 23:21

    • Halo Mas Elbowo..

      Terima kasih sudah visit.
      Saya sampai saat ini msh percaya kalau scene yg kita foto menyumbang 60% untuk menghasilkan foto bagus. Sisanya gear dan human.
      Kalaupun ada yg kurang masih harus masuk “ruang kecantikan” (baca: post processing) untuk menghasilkan foto yg kita mau dan juga enak dilihat oleh orang lain.

      Saya juga masih belajar kok mas 🙂

      May 23, 2013 at 01:56

      • maaf mas, bisa lebih manusiawi bahasanya? saya gak ngerti soalnya …:D

        May 23, 2013 at 13:33

Leave your Thought..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s