Journal, Stories, Travel Photos, & VR360°

Cokin Z-Pro Filter Holder & Cokin Z-Pro 77mm Ring Adapter

Karena saya sangat tertarik pada fotografi landscape saya mencari referensi sebanyak banyak tentang hal hal dasar fotografi landscape serta gear apa saja yang dibutuhkan. Dari beberapa refernsi yang saya temukan disitu ditulis penggunaan filter GND (untuk mengatur perbedaan exposure) dan juga ND (jika anda ingin bermain dengan slow speed pada siang hari) saya pun langsung berfikir untuk menggunakan sistem filter menggunakan square filter atau filter kotak. Karena akan lebih mudah mengaturnya jika kita menggunakan filter Gradient.

pertama saya membeli Cokin Z-Pro holder dan Cokin Z-Pro 77mm Adapter Ring untuk 17-40mm saya. saya pikir bahan yang digunakan semacam mika atau semacamnya tapi ternyata plastik bahan dari holder ini. dan alumunium untuk ringnya.

Perbedaan antara Cokin Z-Pro Holder (kiri) (Standard Filters 100x100mm or 4 x 4” and Graduated Filters 100 x 150mm or 4 x 6”) & Cokin P Series Holder (kanan). Courtesy of http://darwinwiggett.wordpress.com

Bagian-bagian Cokin Z-Pro Holder

Z-Pro Holder ini terbagi dari beberapa bagian:

  1. holder utama
  2. beberapa penjepit slot yang dapat dipindah pindah sesuai keinginan
  3. Baut untuk memasang bagian slot tadi ke holder utama.

Holder ini terdiri dari 3 slot filter dan 1 slot untuk adapter ring yang terdapat dibagian belakang holder. Menurut penuturan penjual di toko tempat saya membeli holder ini, Z-Pro hanya tersedia 2 slot untuk filter karena pada slot pertama tidak bisa karena akan menggores badan filter ke badan holder. Sepertinya slot pertama ini digunakan untuk filter polarizer untuk square sistem filter seperti milik LEE.

Filter & Adapter Ring Slot

Z-Pro Holder filter slot

Gambar diatas memperlihatkan slot yang terdapat di Z-Pro holder. bagian bawah merupakan slot untuk adapter ring yang menempel pada lensa, dan 3 slot diatas slot untuk filternya. bagian-bagian tersebut ditempel menggunakan baut (dari kuningan) pada bagian holder utama. Anda dapat merubah dan memodifikasikan penggunaan slot dengan mengurangi atau menambah bagian slot tersebut.

Pasak Adaptor pada Holder

Holder ini juga mempunyai pasak (semacam tonjolan pada badan holder) yang memungkinkan mengunci adaptor ring pada holder agar holder tetap presisi pada adaptor ring. pasak ini juga dapat mengunci filter dalam hal ini filter polarizer yang bentuk pinggirnya seperti gerigi (contoh gambar). untuk vendor yang memproduksi filter polarizer untuk sistem holder hanya ada beberapa (setau saya) salah satunya cokin & Lee. tapi untuk meminang filter polarizer tersebut mahar yang harus disiapkan juga tidak sedikit :p

Cokin Z-Pro Holder on Canon 17-40mm F4 L

Canon 7D, Canon 17-40mm, UV HMC filter, CPL non slim fliter, & Cokin Adapter Ring + Holder

Foto disamping menunjukkan Cokin Z-Pro Holder terpasang pada lensa Canon 17-40mm. Pada lensa tersebut terpasang 2 filter screw in (bulat) yaitu UV & CPL, satu adaptor ring. Saya tidak tau berapa maksimum filter bulat yang bisa dipasang sebelum adaptor ring tanpa menghasilkan vignette (untuk APS-C sensor). memang masalah terbesar vignette adalah penggunaan screw in filter (filter bulat) yang terlalu banyak sebelum filter holder.

With Hitech GND 1.2 4″ x 6″ Soft

pada thumbnail foto disamping terpasang filter Hitech Gradient ND 1.2 4″ x 6″ (100 x 150) soft pada slot kedua holder tanpa perubahan slot. telihat baut logam hanya tersisa sedikit jika holder tidak ada modifikasi pada slot. lihat juga 2 pasak yang berada pada bawah holder terlihat sedikit keluar. Pasak tersebut selain bisa mengunci holder pada adaptor ring bisa juga menahan filter dengan badan holder agar filter tidak bengkok pada saat dipasangkan dengan holder.

Kesimpulan

Saya akan merekomendasikan holder ini untuk anda apabila anda mempunyai lensa wide angle. Holder ini masuk dalam kategori paling murah dibandingkan dengan holder 4″ x 4″ merek lain seperti hitech atau LEE. Seperti yang saya katakan sebelumnya jika anda memang ingin menggunakan sistem filter kotak dengan paduan lensa wide angle saya merekomendasikan holder ini. jika anda memiliki lensa non wide angle lebih baik anda memilih Cokin P-Series Holder ataupun Cokin A-Series Holder.

Jika anda penasaran dimana bisa mendapatkan holder ini, saya mendapatkan di Bhinneka.com toko nya berada di bilangan jakarta pusat (dekat senen) dengan bandrol Rp. 575.000 untuk holdernya dan +- Rp. 250.000 untuk 77mm adaptor ring nya (untuk adapter ring ini kebetulan saya order dari toko online).

salam

All Photo by Danar Tri Atmojo © 2011 All Rights Reserved.
nankqeoldman[at]yahoo[dot]com / nankqeoldman[at]gmail[dot]com
All my images are under © All Rights Reserved and should not be use in any other way.
Please don’t use this image on websites, blogs or other media without my explicit permission.

24 responses

  1. Erwin Setiawan

    om, untuk filternya sendiri, recommend pake yg merek cokin, hitech atau lee??dan untuk foto landscape sebaiknya pake filter yg mana (gnd atau gradual color yg mana)??kamera saya Canon 7D dan lensa Canon EFS 10-22mm

    November 22, 2011 at 19:44

    • thank for visit 🙂

      sedikit membantu yah..
      kalo diberi pilihan dari ketiga itu, ya saya pribadi lebih memilih LEE. tetapi ya itu LEE salah satu brand yang membuat kantong langsung kemarau.
      kalo hitech bagus dibeberapa pemakaian awal, kalo saya lihat semakin lama membuat color cast. sedangkan kalo cokin saya belum pernah pakai filternya, hanya holdernya saja.

      filter landscape yang utama buat saya sih sebenarnya CPL. dan untuk GND atau pun grad color itu tergantung pemakaian anda.
      kalo GND kan untuk mengurangi atau membedakan perbedaan eksposure pada frame. begitu pun Grad color untuk membedakan 2 warna pada frame.

      semoga membantu 🙂

      November 23, 2011 at 14:55

  2. fierman

    bro, gw lagi nyari filter buat LX3 gw (hahaha… ga penting banget yak… padahal cuman kamera pocket hihihi…), jadi rencananya yang mau gw pake ada 2 filter nih, 1 filter cokin GND, dan satunya filter CPL P 164. Nah… lensa gw sendirikan sebenernya cuman lensa dari kamera pocket, cuman emang lumayan lebar sih (24mm@35mm film atau setara 16mm di dslr crop factor 1.5) nah…

    pertanyaannya, mendingan gw ngambil holder yang mana ya? apakah harus beli yang holder Z-Pro? atau beli yang biasa aja? atau malahan beli yang abal – abal aja? gw liat2 di ebay, yang abal2 harganya cuman US$3 udah termasuk adapter hahaha…

    trus… di lx3 gw ini kan gw pake adapter dan diameter filternya 52, mendingan gw ambil yg adapter yang diameter berapa ya? langsung yg 52 aja? atau gw belinya yang 77 aja? (ditambahin step-up 52-77), biar kalo suatu saat bosen gampang dijualnya hehehe.. kan kebanyakan pada make diameter 77mm kan yak? hihihi 😀

    December 10, 2011 at 23:09

  3. fierman

    oh iya satu lagi, kalo pake z-pro, filter graduated NDnya bisa dinaik turunin ya bro?

    December 10, 2011 at 23:15

    • Halo Fierman .. 🙂
      terima kasih sebelumnya sudah berkunjung 😀

      sedikit membantu yah kita lebih sharing aja, gw sendiri juga belum ekspert kok. masih belajar juga.
      kalo dari pengalaman gw, untuk lensa lensa (kita berbicara di DSLR dulu) dengan FL >16 dengan body crop factor itu kalo pake holder P series ga akan vignete. kecuali di FL <16. Teman ada yang pakai holder P series untuk 10-22 disitu muncuk kotak-net bukan vignete lagi. Itu untuk di DSLR, nah gw sendiri belum pernah liat Pocket pakai holder dan square filter (jujur :p).

      Kalo yang abal abal yang ada di ebay itu kebanyakan setara dengan cokin P series ukurannya. Belajar dari situ, itulah kenapa gw memilih Holder Z-Pro untuk lensa gw. Karena jelas ga bakal kotak-net disitu. Secara fisik, diameter Holder P & Z lebih besar Z jadi aman untuk lensa lensa wide berdiameter besar; kalo untuk lensa bawaan pocket lo kan jelas lebih kecil kan ketimbang lensa DSLR.

      kesimpulan gw, kalo untuk lensa lo berdiameter 52 & FL 24 lebih baik lo beli holder P series aja, disamping harganya lebih murah ketimbang Z nyari barangnya di Jakarta juga lebih mudah. kalo untuk adapter lebih baik beli seukuran dengan diameter adapter lensa lo, karena kalo terlalu banyak numpuk adapter didepan lensa lo ada kemungkinan muncul vignete juga. tapi kalo pertimbangan lo biar bisa dijual lagi ga ada salahnya lo beli adapter ring 77 + stepup ring nya.

      untuk semua square filter (filter kotak) bisa di naik turunkan, entah mau pake holder yg P, Z, X, LEE atau Hitech. Karena pertimbangan itulah filter square dibuat :p

      PS: untuk filternya cokin, ada kode yg membedakan filter itu match di holder apa. Contoh : CPL P164 , filter CPL untuk holder P series.

      Thanks
      semoga membantu 🙂

      December 10, 2011 at 23:41

  4. fierman

    ohhhh begitu… makasih mas bro pencerahannya, nah… brarti saya beli yang versi P series aja deh kalo gitu…

    nah.. karena milihnya P series, pertanyaan selanjutnya apakah ada perbedaan significant antara holder yang abal – abal (kalo liat di kaskus yang abal2 harganya cuman 50 rb (holder) + 60 (adapter), sedangkan yang orinya di JPC kemang itu 99 rb (holder) + 125 rb (adapter). 😀 mayan.. beda 100 rebu bisa buat tambah2 beli filter GND hihihi… tp kalau kualitasnya bagusan yang ori, sih menedingan beli yang ori aja ya? ^^

    oh iya, kalau mau nyari filter hitech GND yg terpisah dimana ya bro? selain di bhinneka? soalnya gw lihat di bhinneka gak ada yang Hitech Grad ND 0.6 soft, adanya yang hard 😦 atau mungkin ada rekomen yang kira2 tingkat kegelap-annya setara itu bro?

    December 11, 2011 at 00:48

    • kalo saya liat sekilas sih keliatannya sama. bahan utamanya plastik. ada 3 slot filter. kalo secara ketahanan saya tidak tau karena belum pernah uji secara langsung.

      coba cek focus nusantara om. disana dia jual holder setara P series keluaran non cokin. disana juga jual holder hitech. jadi mungkin bisa compare lebih enak. Untuk filternya, di FN variant nya banyak. pas saya kesana saya lihat brand filter lee, cokin, hitech. Untuk yang cokin hanya jual variant P series.

      kalo kesetaraan filter banyak masbro. cuma harganya itu yang ga kira-kira (dibaca : LEE Filter :p)

      Semoga membantu ya 🙂

      December 11, 2011 at 01:30

  5. fierman

    hahaha… yang lee apalagi yang singh ray.. harganya bikin geleng2 kepala mas bro huhahahhaa… ^^ tambah serem kalo pecah hihihi…

    makasih mas bro infonya 😀 hehhee.

    December 11, 2011 at 09:00

    • sama-sama masbro 🙂 senang bisa membantu. kapan-kapan boleh juga hunting bareng biar bisa tukar ilmu 🙂

      December 11, 2011 at 09:53

  6. templank

    mo nanya bos.. beli Cokin Z-Pro Filter Holder & Cokin Z-Pro 77mm dimana ya?? di focusnusantara ga ada…

    thx semeblumnya

    April 30, 2012 at 16:06

  7. templank

    mo nanya bos beli Cokin Z-Pro Filter Holder & Cokin Z-Pro 77mm dimana yah.. susah bener nyarinya… di focusnusantara ga ada

    April 30, 2012 at 16:07

    • Halo Mas Templank,

      terima kasih sudah visit.
      saya beli di bhinneka.com waktu itu.

      Regards

      May 1, 2012 at 20:03

  8. prihandoko

    mohon infonya dimana sy bisa membeli Adapter Ring Cokin Z 77mm? di Bhinneka sudah lama stock-nya kosong.
    Terima kasih

    Salam
    Prihandoko

    May 16, 2012 at 09:18

    • Halo mas Prihandoko

      Terima kasih sudah visit 🙂
      kalau saya tempo hari beli di Bhinneka.com saya juga sempat nunggu lama sampai ada stok lagi di toko tersebut.
      kalau ditempat lain di Indonesia / Jakarta menurut saya tidak ada. kalau pun ada mentok-mentok beli lewat Ebay.

      Salam.
      Danar

      May 16, 2012 at 19:54

  9. salam kenal om, mau tanya, itu beneran waktu kita pakai filter holder ukuran Z di FL 10mm ga kena kotaknet/vignet??
    cz saya juga make 7D feat 10-22 tapi masih ragu mo beli holdernya.. saran orang2 sih handheld.. (tapi klo pake SS lambat pegel juga pegangnya)..
    punya contoh gambarnya ga om waktu pake FL 10 + CPL + filter holder??

    thanks 🙂

    July 2, 2012 at 16:30

    • Halo mas Taufik,

      Salam Kenal & Terima kasih sudah visit 🙂
      Saat saya mem-posting artikel itu saya menggunakan lensa ber FL 17. sementara belum pernah coba untuk FL 10. kalo dari baca-baca artikel orang luar tidak ada vignet di FL 10 pakai Z-Pro. Jadi belum bisa kasih contoh gambar pakai FL 10 + CPL + filter holder.

      Thanks

      July 5, 2012 at 15:15

  10. mizan

    Menurut saya mas, klo FL10 with Z-pro gk akan ada Vignette,.. Klo pake’ yg P baru deh, jelas n kerasa sekali vignette nya… saya make’ 10-22 jg,. 🙂

    July 15, 2013 at 18:07

Leave your Thought..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s