Journal, Stories, Travel Photos, & VR360°

Cokin Z-Pro Filter Holder & Cokin Z-Pro 77mm Ring Adapter

Karena saya sangat tertarik pada fotografi landscape saya mencari referensi sebanyak banyak tentang hal hal dasar fotografi landscape serta gear apa saja yang dibutuhkan. Dari beberapa refernsi yang saya temukan disitu ditulis penggunaan filter GND (untuk mengatur perbedaan exposure) dan juga ND (jika anda ingin bermain dengan slow speed pada siang hari) saya pun langsung berfikir untuk menggunakan sistem filter menggunakan square filter atau filter kotak. Karena akan lebih mudah mengaturnya jika kita menggunakan filter Gradient.

pertama saya membeli Cokin Z-Pro holder dan Cokin Z-Pro 77mm Adapter Ring untuk 17-40mm saya. saya pikir bahan yang digunakan semacam mika atau semacamnya tapi ternyata plastik bahan dari holder ini. dan alumunium untuk ringnya.

Perbedaan antara Cokin Z-Pro Holder (kiri) (Standard Filters 100x100mm or 4 x 4” and Graduated Filters 100 x 150mm or 4 x 6”) & Cokin P Series Holder (kanan). Courtesy of http://darwinwiggett.wordpress.com

Bagian-bagian Cokin Z-Pro Holder

Z-Pro Holder ini terbagi dari beberapa bagian:

  1. holder utama
  2. beberapa penjepit slot yang dapat dipindah pindah sesuai keinginan
  3. Baut untuk memasang bagian slot tadi ke holder utama.

Holder ini terdiri dari 3 slot filter dan 1 slot untuk adapter ring yang terdapat dibagian belakang holder. Menurut penuturan penjual di toko tempat saya membeli holder ini, Z-Pro hanya tersedia 2 slot untuk filter karena pada slot pertama tidak bisa karena akan menggores badan filter ke badan holder. Sepertinya slot pertama ini digunakan untuk filter polarizer untuk square sistem filter seperti milik LEE.

Filter & Adapter Ring Slot

Z-Pro Holder filter slot

Gambar diatas memperlihatkan slot yang terdapat di Z-Pro holder. bagian bawah merupakan slot untuk adapter ring yang menempel pada lensa, dan 3 slot diatas slot untuk filternya. bagian-bagian tersebut ditempel menggunakan baut (dari kuningan) pada bagian holder utama. Anda dapat merubah dan memodifikasikan penggunaan slot dengan mengurangi atau menambah bagian slot tersebut.

Pasak Adaptor pada Holder

Holder ini juga mempunyai pasak (semacam tonjolan pada badan holder) yang memungkinkan mengunci adaptor ring pada holder agar holder tetap presisi pada adaptor ring. pasak ini juga dapat mengunci filter dalam hal ini filter polarizer yang bentuk pinggirnya seperti gerigi (contoh gambar). untuk vendor yang memproduksi filter polarizer untuk sistem holder hanya ada beberapa (setau saya) salah satunya cokin & Lee. tapi untuk meminang filter polarizer tersebut mahar yang harus disiapkan juga tidak sedikit :p

Cokin Z-Pro Holder on Canon 17-40mm F4 L

Canon 7D, Canon 17-40mm, UV HMC filter, CPL non slim fliter, & Cokin Adapter Ring + Holder

Foto disamping menunjukkan Cokin Z-Pro Holder terpasang pada lensa Canon 17-40mm. Pada lensa tersebut terpasang 2 filter screw in (bulat) yaitu UV & CPL, satu adaptor ring. Saya tidak tau berapa maksimum filter bulat yang bisa dipasang sebelum adaptor ring tanpa menghasilkan vignette (untuk APS-C sensor). memang masalah terbesar vignette adalah penggunaan screw in filter (filter bulat) yang terlalu banyak sebelum filter holder.

With Hitech GND 1.2 4″ x 6″ Soft

pada thumbnail foto disamping terpasang filter Hitech Gradient ND 1.2 4″ x 6″ (100 x 150) soft pada slot kedua holder tanpa perubahan slot. telihat baut logam hanya tersisa sedikit jika holder tidak ada modifikasi pada slot. lihat juga 2 pasak yang berada pada bawah holder terlihat sedikit keluar. Pasak tersebut selain bisa mengunci holder pada adaptor ring bisa juga menahan filter dengan badan holder agar filter tidak bengkok pada saat dipasangkan dengan holder.

Kesimpulan

Saya akan merekomendasikan holder ini untuk anda apabila anda mempunyai lensa wide angle. Holder ini masuk dalam kategori paling murah dibandingkan dengan holder 4″ x 4″ merek lain seperti hitech atau LEE. Seperti yang saya katakan sebelumnya jika anda memang ingin menggunakan sistem filter kotak dengan paduan lensa wide angle saya merekomendasikan holder ini. jika anda memiliki lensa non wide angle lebih baik anda memilih Cokin P-Series Holder ataupun Cokin A-Series Holder.

Jika anda penasaran dimana bisa mendapatkan holder ini, saya mendapatkan di Bhinneka.com toko nya berada di bilangan jakarta pusat (dekat senen) dengan bandrol Rp. 575.000 untuk holdernya dan +- Rp. 250.000 untuk 77mm adaptor ring nya (untuk adapter ring ini kebetulan saya order dari toko online).

salam

All Photo by Danar Tri Atmojo © 2011 All Rights Reserved.
nankqeoldman[at]yahoo[dot]com / nankqeoldman[at]gmail[dot]com
All my images are under © All Rights Reserved and should not be use in any other way.
Please don’t use this image on websites, blogs or other media without my explicit permission.

24 responses

  1. ryan

    Coba cek ini bro, semoga ercerahkan..
    http://www.jeroenvandaal.nl/hitech.php

    November 10, 2013 at 01:38

  2. Reza Iswara

    Om..kalo filter holdernya cokin z pro tapi adapter ring 77mm nya yang biasa aja yang murah harganya dibawah 100 ribu itu bisa gak om ?

    lensa ane tokina 11-16, filter gnd 100x150mm hitech (kompatibel sama cokin z pro ini)

    March 21, 2015 at 09:18

    • Kayanya bisa sih. Kan sama aja ring doang, dan diselipin gitu kan. Tinggal samain aja diameternya

      March 24, 2015 at 12:53

  3. Joseph Setiawan

    Mas saya telat senang landscape sudah ketuaan (57 thn) tapi apa boleh buat, sy tertarik menggunakan cokin z-pro holder, sy pakai canon 6D dengan Lensa 24-70mm f2.8 MKII dan 70-200 f2.8 MKII (berarti sy perlu 2 bh adapter ring), sebelumnya sy pakai filter B&W ND1000 MRC F-Pro dan CPL MRC nano dan ingin menggunakan ND1000 yang kotak.
    Pertanyaan saya saat ini anda pakai CPL apa untuk Cokin z-pro holder tsb ?

    Terima Kasih atas bantuannya.

    Salam

    August 23, 2015 at 13:59

    • Halo, maaf respon. Untuk saat ini sya sudah tidak mengunakan semua perangkat filter.. Tapi saat saya pakai z-pro, saya pakai cpl merk hoya yang bentuk ring ulir menempel pada lensa. Urutannya cpl pada lensa, kemudian ring adapter baru holder. Sebenarnya yg enak, bapak bisa menggunakan cpl milik LEE yang bisa dimasukkan kedalam holder zpro

      October 13, 2015 at 11:05

  4. saya sedang cari z pro ini tapi sulit sekali. banyak yg cokin P tapi yg beredar cuma kw nya

    March 13, 2017 at 11:39

Leave your Thought..

